Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Gunung Cupu Andalan Wisata Desa Cianting Utara

Gunung Cupu Andalan Wisata Desa Cianting Utara

Gunung Cupu merupakan ikon bagi masyarakat Purwakarta terutama bagi warga Desa Cianting Utara, Kecamatan Sukatani. Pasalnya gunung tersebut menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak menyedot wisatawan.

Gunung berketinggian 333 meter di atas permukaan laut dengan ketinggian tebing sekitar 150 meter dan lebar sekitar 27 meter itu, terletak di antara dua kecamatan yaitu, Desa Anjun, Liunggunung, Kecamatan Plered serta, Desa Cianting dan Cianting Utara Kecamatan Sukatani.

Menurut Saefurahman (30), salah seorang pengelola wisata pendakian gunung cupu mengatakan, hampir tiap akhir pekan ada saja wisatawan yang sengaja ingin mendaki. “Tidak hanya wisatawan lokal namun juga dari luar Negeri sengaja datang untuk mendaki gunung ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, alasan banyaknya wisatawan berdatangan lantaran ingin mencoba untuk memanjat gunung dengan jalur terbilang cukup terjal. Disamping itu, akses yang tidak jauh dari pusat kota menjadi daya tarik pengunjung untuk mendaki. “Biasanya sebelum mendaki kita minta data indentitas serta berapa jumlah yang naik untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Sementara sebagai salah satu wilayah bagian dari destinasi Gunung Cupu ini, pemerintah Desa Cianting Utara tak tinggal diam, untuk menggali dan mempromosikan wisata alam Gunung Cupu. “Saat ini tidak dipungut biaya untuk mendaki, kita hanya minta turut mempromosikan wisata ini,” ujar Sekretaris Desa Iyan Sopyan.

Ia mengatakan, saat ini akses infrastuktur menuju kaki gunung belum sepenuhnya maksimal. Meski begitu ke depan, pihaknya berencana bakal membuka jalur agar para pengunjung bisa nyaman saat akan mendaki. “Tinggal setengah lagi pengaspalan jalan bisa sampai ke bawah kaki gunung,” ujarnya.

Sementara untuk menggenjot peningkatan pengunjung, pihak pemerintah desa terus berupaya melalukan promosi untuk menarik wisatawan. “Salah satunya kita gencarkan melalui media sosial,” katanya. 

Purwakarta raka (sumberradarkarawang)

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler